Lantas, bagaimana tips mengatasi diabetes? Anda dapat menggunakan beberapa jenis tumbuhan untuk menyembuhkan penyakit ini. Namun, semua itu perlu didukung dengan metode lain.

Monday, September 10, 2018

Pengertian Diabetes Tipe 1




Halo Selamat Datang di website kami, Dan kini kami akan menjelaskan pengertian Diabetes 1. Apa yang di sebut Diabetes 1 ? Nah sekarang kami akan menjelaskannya. Diabetes adalah penyakit kronis yang terjadi ketika pankreas (kelenjar kludah perut) tidak memproduksi cukup insulin, atau ketika tubuh secara efektif menggunakan insulin. sedengkan diabetes 1 sendiri termasuk jenis diabetes dengan produksi insulin yang rendah. oleh karena itu diabetes tipe 1 disebut juga diabetes ketergantungan insulin, atau dikenal dengan istilah penyakit autoimun diabetes dengan penyebab yang belum diketahui pasti.

Kadar gula darah biasanya dikendalikan oleh hormon insulin. JIka tubuh kurang insulin kadar gula darah akan meningkat drastis akibat terjadinya penumpukan yang di sebut hiperglikemia. Inilah yang terjadi saat seseorang menderita diabetes melitus tipe 1.

Penyebab kurangnya produksi insulin oleh pankreas pada penderita diabetes tipe 1 belum diketahui hingga saat ini sehingga belum dapat sisimpulkan cara pencegahanya. Diabetes tipe 2 ini dapat timbul pada usia berapa pun, umumnya menyerang pasien di bawah 40 tahun, terkadang dikenal dengan istilah diabetes remaja.

Gejala umum dan komplikasi penderita diabetes Tipe 1

Gejala umum diabetes pada awal penyakit, yang juga dikenal dengan gejalan klasik di kalangan medis, adalah sering kencing (polyuruia(), sering lapar (Polyphagia), sering haus (polydipsia) Gejala gejala ini akan berkembang dan memburuk seiring dengan tidak terkontrolnya kadar gula yang sangat tinggi di dalam darah sehingga merusak jaringan dan organ-organ tubuh dan berkomplikasi.

Tanpa insulin, gula dalam darah tidak dapat masuk dan digunakan oleh sel-sel tubuh. akhirnya tubuh akn mengolah lemak dan otot menjadi energi sehingga menyebabkan penurunan berat badan. ini dapat mengakibatkan kondisi akut yang di sebut ketketoasidosis diabetik, yaitu kondisi di mana darah menjadi terlalu asam dan terjadinya dehidrasi yang membahayakan.

Diagnosa dan Langkah Pengobatan Diabetes Tipe 1

Diabetes ketergantungan insulin atau tipe 1 termasuk penyakit yang tidak bisa disembuhkan dan hanya bisa dikendalikan. Diagnosis diabetes sejak dini sangat penting agar pengobatan bisa segera dilakukan sehingga kadar gula darah penderita yang tinggi bisa dikendalikan. Pengobatan diabetes bertujuan untuk menjaga keseimbangan kadar gula darah dan mengendalikan gejala untuk mencegah komplikasi yang mungkin terjadi.

Organ pankreas dalam tubuh penderita diabetes tipe 1 tidak memproduksi insulin lagi sehingga mereka harus menerima suplai insulin dari luar tubuh secara rutin. Mereka juga dituntut untuk belajar menyesuaikan dosisnya dengan makanan yang dikonsumsi, kadar gula darah, dan aktivitas yang dilakukan.

Proses penyesuaian tersebut harus dilakukan secara bertahap. Beberapa jenis insulin yang bisa digunakan meliputi:

Insulin kerja panjang yang dapat bertahan satu hari.
Insulin kerja singkat yang dapat bertahan maksimal delapan jam.
Insulin kerja cepat yang tidak bertahan lama, tapi bereaksi cepat.
Cara pengobatan untuk penderita diabetes bisa menggunakan kombinasi dari jenis-jenis insulin di atas.

Transplantasi sel-sel pankreas yang memproduksi insulin (sel islet) juga mungkin dapat menolong sebagian penderita diabetes tipe 1. Dalam proses ini, sel islet dari yang diambil dari donor yang sudah meninggal akan dimasukkan ke pankreas penderita diabetes tipe 1.

Pola makan sehat dan seimbang serta olahraga teratur terbukti dapat menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes. Berhenti merokok juga dapat mengurangi risiko komplikasi penyakit jantung.

Itulah Pengertian Singat Penyakit Diabetes Tipe 1 Semoga Bermanfaat  :)

Pengertian Diabetes Tipe 1 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment